F.A.Q

KEPESERTAAN

1.   Bagaimana syarat untuk keanggotaan InHealth?

InHealth mengelola Asuransi yang bersifat kelompok (grup) /perusahaan yang berbadan hukum mempunyai  Akte Perusahaan, SIUP,  TDP, dan NPWP dengan minimal jumlah karyawan 100 orang.

2. Bagaimana cara memperoleh kartu peserta InHealth ?

Kartu InHealth dapat diperoleh jika peserta telah terdaftar sebagai peserta dan apabila Polis ditandatangani oleh kedua belah pihak maka kartu peserta telah dapat dimiliki oleh peserta InHealth. Jika setelah Polis terbit, kartu belum diterima maka dapat dikonfirmasikan pada Kantor Operasional PT Asuransi Jiwa InHealth Indonesia setempat/terdekat.                                                                                                                                                                   

3. Bagaimana cara mengganti kartu jika ada data yang salah cetak?

Kesalahan pencetakan yang dilakukan oleh InHealth pada kartu peserta seperti data nama peserta, tanggal lahir, dokter keluarga, produk/plan dan kelas perawatan maka peserta dapat mengganti kartu peserta dengan kartu baru berisi data peserta yang telah di revisi. Persyaratan yang harus dipenuhi yakni membawa kartu peserta yang lama, melampirkan dokumen-dokumen Pendukung (KTP, Akta Kelahiran dll) dan mengisi formulir perubahan data peserta. Peserta dapat mengajukan penggantian kartu di Kantor Operasional terdekat dan akan menerima kartu yang baru setelah 14 hari kerja. Selama menunggu terbitnya kartu yang baru maka untuk memperoleh pelayanan kesehatan Peserta dapat menggunakan surat keterangan yang diterbitkan oleh kantor Operasional.

4. Bagaimana cara mengganti dokter keluarga?

Bagi peserta yang pindah Dokter Keluarga sebelum 6 (enam) bulan dikenakan biaya pencetakan kartu sebesar Rp. 15.000,- (lima belas ribu rupiah). Kecuali pada keadaan tertentu yang mengharuskan peserta mengganti dokter InHealth sebelum 6 (enam) bulan (antara lain : Dokter InHealth tidak aktif lagi dll), maka peserta tidak dikenakan biaya pencetakan Kartu. Peserta dapat mengajukan penggantian kartu di Kantor Operasional terdekat dan akan menerima kartu yang baru setelah 14 hari kerja. Selama menunggu terbitnya kartu yang baru maka untuk memperoleh pelayanan kesehatan dapat menggunakan surat keterangan yang diterbitkan oleh kantor Operasional.

5. Bagaimana cara mengganti kartu yang hilang ?

Persyaratan untuk penggantian kartu yang hilang yaitu dengan mengajukan penerbitan kartu yang baru disertai dengan surat keterangan dari kepolisian dan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp. 15.000,-. Peserta dapat mengajukan penggantian kartu di Kantor Pemasaran terdekat dan akan menerima kartu yang baru setelah 14 hari. Selama menunggu terbitnya kartu yang baru maka untuk memperoleh pelayanan kesehatan dapat menggunakan surat keterangan yang diterbitkan oleh kantor Operasional.

6. Bagaimana cara mengganti kartu apabila ada perubahan data tentang plan dan kelas ?

Perubahan kartu yang disebabkan adanya perubahan plan dan kelas, maka HRD Badan Usaha melaporkan mutasi tersebut kepada InHealth dengan melampirkan surat keterangan promosi jabatan. Kartu yang baru akan diterima setelah 14 hari kerja. Selama menunggu terbitnya kartu yang baru maka untuk memperoleh pelayanan kesehatan dapat menggunakan surat keterangan yang diterbitkan oleh kantor Operasional.

 

PELAYANAN

1. Bagaiman cara memperoleh pelayanan apabila dokter keluarga tidak berpraktek ?

Jika dokter keluarga tidak berpratek maka peserta dapat menghubungi Kantor Operasional PT AJ InHealth Indonesia terdekat atau menghubungi call center PT AJ  InHealth Indonesia untuk mendapatkan informasi dokter keluarga terdekat lainnya.

2. Bagaimana cara memperoleh pelayanan di Rumah Sakit?

Untuk memperoleh pelayanan di rumah sakit maka peserta harus memiliki surat rujukan dari dokter keluarga, jika dalam keadaan emergency maka peserta dapat langsung ke Poli emergency/ IGD Rumah Sakit dengan menunjukkan kartu InHealth.

3. Bagaimana cara memperoleh obat InHealth?

Obat dapat diperoleh peserta setelah mendapatkan pelayanan dari dokter umum dan spesialis dengan membawa resep obat dan menunjukkan kartu InHealth pada provider apotik atau instalasi farmasi yang telah bekerjasama dengan PT AJ InHealth Indonesia. Pemberian obat mengacu kepada FOI (Formularium Obat InHealth) dan ketentuan lainnya yang berlaku.

4. Bagaimana cara memperoleh pelayanan laboratorium ?

Bagi Peserta yang memerlukan pemeriksaan lanjutan laboratorium maka peserta terlebih dahulu berkonsultasi dengan  dokter keluarga, apabila dirasa perlu untuk pemeriksaan lanjutan laboratorium maka dokter keluarga akan mengeluarkan surat rujukan sebagai pengantar ke laboratorium. Kemudian peserta dapat memperoleh pelayanan pemeriksaan laboratorium pada laboratorium yang telah bekerjasama dengan PT AJ InHealth Indonesia.

5. Rumah Sakit mana saja yang bekerjasama dengan InHealth?

Dapat dilihat pada daftar jaringan provider PT AJ InHealth Indonesia.

6. Apotik mana saja yang bekerjasama dengan InHealth?

Dapat dilihat pada daftar jaringan provider PT AJ InHealth Indonesia.

7. Laboratorium mana saja yang bekerjasama dengan InHealth?

Dapat dilihat pada daftar jaringan provoder PT AJ InHealth Indonesia.

8. Bagaimana prosedur pengajuan klaim?

Produk Managed Care :

  • Melampirkan surat permohonan yang memuat kronologis penyakit
  • Kuitansi asli bermaterai sesuai ketentuan dengan perincian biaya dan obat
  • Mengisi formulir pengajuan klaim
  • Foto copy kartu Inhealth
  • Melampirkan surat rujukan/keterangan emergency dan atau surat jaminan rawat inap
  • Melampirkan rincian jenis pelayanan (untuk kasus rawat inap)
  • Fotocopy surat keterangan kelahiran dan Fotocopy akte pernikahan/suirat nikah (Persalinan).
  • Surat Jaminan Pelayanan dan/atau Surat Rujukan, Resep asli dari dokter specialist RS yang bekerjasama dengan PT Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia atau surat keterangan dari dokter yang bersangkutan (pelayanan Suplemen).
  • Dokumen lain yang dibutuhkan oleh pihak asuransi sehubungan dengan proses pembayaran klaim.
  • Produk Indemnity :

    • Pengisian form klaim lengkap oleh dokter yang melakukan perawatan
    • Fotocopy resume medis dari dokter atau Rumah Sakit yang merawat
    • Fotocopy kartu peserta/pemegang polis asuransi
    • Kuitansi asli dari dokter atau Rumah Sakit yang menerangkan :

    a.       Nama peserta/pemegang polis yang berobat

    b.      Diagnosa penyakit yang dirawat

    c.       Tanggal pengobatan

    d.      Perincian biaya-biaya yang dikeluarkan sehubungan dengan perawatan dan atau pengobatan medis.

    e.       Salinan resep dari obat-obatan yang diberikan

    f.       Kuitansi asli dari apotik

    g.      Kuitansi asli dan surat pengantar dari dokter untuk pemeriksaan diagnostic dan perincian nama pemeriksaan diagnostik dan perincian nama pemeriksaan

    h.      Surat pengantar dari dokter umum/spesialis bila pemeriksaan lanjutan perlu dilakukan.

    h.      Dokumen lain yang diperlukan oleh pihak asuransi sehubungan dengan proses pembayaran klaim.